Senin, 27 Juni 2016

Yeayyy THR

wohoo....udah lumayan lama juga nih gak berkabar di blog gue yang masih absurd ini..blog gue yang gak bermanfaat ini. hihi. maklum gue lagi sibuk banget...sibuk ngitungin duit, ahayyyy. alah,,,,gue yakin loe juga lagi mikir mau belanja apaan lagi, mau jalan - jalan kemana, pokoknya gimana caranya ngabisin duit THR. 
alamak ,,,,jangan diabisin lah kawan, capee kali nyarii hepeng ini. 

tapi asli deh bersyukur banget karna bisa ikut dapet berkah di bulan ramadhan nya umat muslim. emang sih gak dapet full gaji, cuma hampir mendekati gaji itu loh rasanya jadi dag dig dug banget. rasanya pengen shoopingggg terossss coyyy. pengen ini pengen itu....pengen jalan kesni pengen jalan kesitu. berkecamukk lah pokoknya. ahahaha. 

but wait,,,,ternyata gue harus mikir ulang untuk nabung, entah itu untuk apa. tapi gue harus mikirin yang mana untuk kebutuhan dan keinginan alias needs and wants. yang mana untuk keperluan kerja dan yang mana cuma untuk gaya-gaya an aja. soalnya gue ngerasain pahit banget gak punya tabungan, pahit banget yang namanya harus ngirit-ngirit supaya ongkos kerja dan uang makan cukup. belum lagi gue juga ga punya banda alias barang, yang jadi bukti hasil dari keringet gue selama bekerja di MNC.




Nah buat kalian yang baru dapet THR...gue punya tips supaya gak kalap.

1. Jangan gunakan THR kalau nggak terpaksa

Jika memang lo masih bisa membeli tiket mudik, bahan pokok persiapan hari raya dan lain-lain tanpa harus menggunakan THR, maka simpan saja THR nya.
2. Dahulukan keperluan yang sifatnya wajib yah.
 sisihin deh yang sifatnya urgent,,,kaya ngasih THR buat ponakan atau yang kerja dirumah lo.

3.Jika memang harus menggunakan THR, atur dengan bijak deh


Kalau lo harus menggunakan THR untuk memenuhi kebutuhan, maka atur pengeluaran tersebut dengan bijak dan disiplinlah dalam menggunakannya. Jika kebutuhan lo dapat tercukupi dengan menggunakan 10% dari THR lo, maka jangan gunakan lebih dari itu. (sok pinter amat gue, padahal nyolong dr google juga ini hihihi)

4.Sisihkan sedikitnya 50% dari THR lo untuk persiapan masa depan

Adanya THR sebagai 'gaji ekstra' ini adalah kesempatan emas bagi lo untuk mempersiapkan masa depan. Maksudnya, jika biasanya pengeluaran lo sudah pas-pasan, anda bisa menggunakan THR ini untuk investasi. beli emas kek gitu...bukan mas gito tapi ya.

5. Pentingkan needs dibandingan wants coy


Ingatlah selalu untuk mengeluarkan biaya atas apa yang diperlukan  (needs) dan bukan yang diinginkan (wants). Khusus anggaran pangan dan papan agar tidak berlebihan.
--- nah pas abis lebaran uang kiteee kan jadi gak abis-abisan banget, masih ada tabungan di atm . jadi gak gigit jari banget gituloh makk !! tetep keceeee...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar